Technology

Keren! Ini Nih Motor Listrik Autentik Produksi Dalam Negeri Trobosan Baru Kendaraan Masa Depan

Featuredimage Artikel3
Sumber: Universitas Budi Luhur

Motor listrik dengan nama Budi Luhur Electric Vechile 01 (BL-SEV01), merupakan sepeda motor yang sumber tenaganya berasal dari 100% tenaga listrik. BL-SEV01 dikembangkan oleh Pusat Study Kendaraan Listrik, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Budi Luhur. Motor listrik BL-SEV01 hadir sebagai kendaraan yang tidak memiliki emisi gas buang (zero emission) sehingga dinilai hemat dan ramah lingkungan. Selain itu, BL-SEV01 adalah salah satu motor listrik karya anak bangsa yang memiliki design nyentrik sehingga tak kalah dengan kendaraan berbahan bakar lainnya.

BL-SEV01 Bisa Bertahan Berapa Lama Sih? Eits, Gak Perlu Penasaran Ini Dia Jawabannya!

Untuk mengetahui ketahanan dari motor listrik ini, pihak Universitas Budi Luhur telah melakukan beberapa kali uji coba. BL-SEV01 telah menjalani uji coba pertamanya pada 11 Januari 2021 di Sirkuit Sentul Internasional, Bogor. Pada uji coba pertama tersebut terdapat beberapa kekurangan yang membuat pihak Universitas Budi Luhur merasa perlu untuk memperbaiki lagi. Kekurangan terletak pada bagian kaki motor seperti gear set, suspensi, ban, dan swing arm. Setelah itu, BL-SEV01 kembali melakukan uji coba kedua pada 13 April 2021 dengan tempat yang sama yaitu di Sirkuit Sentul Internasional, Bogor. Hadir dengan performa yang lebih baik, BL-SEV01 mampu menghabiskan 10 putaran sirkuit dengan kecepatan penuh. Setelah melewati 10 putaran penuh, penurunan performa BL-SEV01 mulai terlihat. Penurunan performa tersebut disebabkan oleh berkurangnya baterai setelah melewati 10 putaran tersebut. Dengan evaluasi tersebut, pihak Universitas Budi Luhur akan kembali melakukan riset menggunakan baterai dengan daya tahan lebih kuat dan tahan lama.

Motor Listrik Lokal Pertama yang Lakukan Uji Coba Jarak Jauh!

subimage Artikel3
Sumber: Liputan 6

Setelah dua kali melakukan uji coba pada sirkuit balap, kali ini BL-SEV melakuka uji coba jarak jauh dengan rute Jakarta – Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Uji coba ketiga ini juga menjadikan BL-SEV01 sebagai motor listrik pertama yang melakukan uji coba jarak jauh di Indonesia. Tim uji coba Universitas Budi Luhur melakukan persiapan saat menjalankan uji coba tersebut seperti dengan membawa 3 set baterai yang masing-masing mampu menempuh jarak 100-140 km. Dalam uji coba tersebut terdapat beberapa tantangan seperti kontur jalan yang tidak rata, jalan rusak, hingga jalan berkelok di pegunungan. Alur uji coba ketiga ini menerapkan sistem mengganti baterai dengan sistem swab. Dalam satu hari jarak yang ditempuh kurang lebih 300 km yang hanya dilakukan pada siang hari, sedangkan malam harinya dilakukan pengisian baterai.

BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt yang memiliki tenaga mencapai 16 kW, dengan baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere, mampu melaju hingga 100 km untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian baterai selama 4 jam. Menarik bukan Sobat Techie? Nah, jika motor listrik BL-SEV01 ini diproduksi massal, kira-kira Sobat Techie berminat nggak untuk memilikinya?

Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a comment