Home » Technology » Meta Akan Bangun Toko Perangkat Virtual? Ini Fakta Lengkapnya!

Technology

Meta Akan Bangun Toko Perangkat Virtual? Ini Fakta Lengkapnya!

Sumber : CNBC

Meta, perusahaan Mark Zuckerberg sebelumnya dikenal sebagai Facebook, berencana untuk memperkenalkan toko fisik perangkat keras. Toko ini akan memamerkan perangkat virtual reality dan augmented-reality – yang dinilai sebagai langkah potensial untuk membangun Metaverse, berdasarkan laporan dari The New York Times.

 
metauniverse
Cita-cita Futuristic Technology Meta (Sumber : Merdeka.com)

Produk seperti apa sih yang bakalan ada di toko perangkat itu?

Nah, Sobat Techie udah tau belum, perbedaan perangkat VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)? VR adalah teknologi digital berupa realitas maya yang dapat dieksplorasi melalui indera pendengar, penglihat, peraba, dan lain-lain. Teknologi ini membutuhkan alat khusus yang kamu yang akan membawa kamu ke realitas maya, seperti headset dan kacamata khusus. Nah, teknologi ini juga sering digunakan di video dan film loh.

Di sisi lain ada AR yang merupakan teknologi digital berbasis realitas maya juga. Perbedaannya terletak di karakteristik AR yang memungkinkan kamu untuk menambahkan objek-objek digital ke realitas nyata. Salah satu contoh yang paling populer dari AR adalah fitur filter di Snapchat dan Instagram Story.

 
VR Ilustrasi
Ilustrasi Penggunaan Perangkat VR (Sumber : The Conversation)

Adapun, perangkat yang dikabarkan akan ditampilkan adalah headset virtual reality Oculus Quest) dan gadget Portal, yang dirancang untuk panggilan video. Toko ini nantinya juga berencana memamerkan Stories, kacamata pintar augmented reality yang dikembangkan Facebook dengan Ray-Ban.

 
VR
Perangkat Oculus Quest (Sumber: The Verge)

Perangkat-perangkat tersebut adalah pintu gerbang ke metaverse, dunia digital futuristik di mana orang berpindah dari virtual ke versi augmented reality. Zuckerberg, pendiri dan kepala eksekutif Facebook, telah menetapkan visi untuk membuat metaverse sebagai platform sosial berikutnya. Toko-toko ini nantinya diharapkan akan membantu mengedukasi masyarakat kalau virtual reality dan augmented reality bisa menyenangkan dan mengasyikkan, seperti yang selama ini diyakini Zuckerberg.

Ini nih, alasan Zuckerberg bangun Physical Store nya Meta

Selain itu, ternyata Zuckerberg mengaku, kalau dia telah menyadari momen untuk membangun perubahan besar dalam platform komputasi ini sejak era smartphone. Di masa depan, aplikasi milik Zuckerberg tidak akan lagi terikat pada aturan yang ditentukan oleh Apple dan Google, yang notabene nya memiliki toko aplikasi untuk mendistribusikan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger.

Perusahaan teknologi yang membuka toko milik sendiri bukanlah hal baru. Gateway, perusahaan pembuat komputer pribadi, memiliki toko sendiri pada 1990-an. Apple memiliki toko ritel sehingga orang dapat menguji perangkat dan menjawab keluhan pengguna. Microsoft, Amazon, dan lainnya juga telah membangun toko mereka sendiri.

Dilansir dari TechCrunch, toko ini akan dirancang dengan estetika modern dan minimalis, serta menggabungkan branding yang implisit agar dapat membangkitkan “keingintahuan” dan “kedekatan” saat pengunjung memulai perjalanan realitas virtualnya.

Namun, sikap skeptis terhadap Metaverse dan proyek terbaru Zuckerberg tetap ada; meskipun headset Oculus Quest 2 dengan harga murah mendapatkan popularitas tahun lalu, VR tetap menjadi pasar yang relatif kurang diminati karena harga gadget yang seringkali mahal dan sulit digunakan.

Jadi, apa nama toko perangkat ini nantinya?

Sobat Techie tahu tidak, kalau perusahaan mempertimbangkan beberapa nama berbeda untuk toko tersebut, termasuk Facebook Hub, Facebook Commons, Facebook Innovations, Facebook Reality Store dan From Facebook, tetapi akhirnya mendarat di Facebook Store. Tentu saja, hal ini belum bisa dipastikan karena masih ada kemungkinan akan berubah.

Jika Meta berhasil dengan rencana ini, toko ritel pertamanya akan berlokasi di Burlingame, California, di mana terdapat kantor Reality Labs. The Times mengatakan bahwa proyek itu diharapkan dapat menjangkau seluruh dunia, dengan lokasi di berbagai negara dan wilayah. Seorang juru bicara Meta mengatakan perusahaan tidak dapat mengkonfirmasi rencana pembangunan toko ini secara eksplisit namun mengatakan bahwa headset virtual reality terbaru milik mereka sangat diminati dan perangkat kerasnya telah tersedia di pengecer milik mitra.

Wah, jadi ga sabar kan, Sobat Techie mau lihat seperti apa sih toko perangkat virtual nya Meta.

Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a comment