Home » Technology » Internet of Things dengan perannya dalam kemajuan teknologi

Technology

Internet of Things dengan perannya dalam kemajuan teknologi

Percepatan teknologi di dunia telah membawa banyak revolusi yang tanpa sadar telah masuk ke setiap lini kehidupan manusia. Revolusi mengartikan sebuah teknologi yang telah terbaharui dan mengalami perubahan terus-menerus. Revolusi yang sekarang terjadi adalah Revolusi 4.0. Revolusi keempat ini menandakan adanya efek internet berbasis wireless. Hal inilah yang disebut Internet of Things atau biasa disebut IoT. Internet of Things adalah sebuah konsep yang membawa jaringan internet sebagai alat utama dalam melakukan aktivitas dengan perangkat wireless. Secara jelas, IoT adalah garis besar untuk setiap teknologi yang digunakan saat ini. Efek dari Internet of Things tersebutlah yang membawa percepatan pada teknologi.

iot landing
pusattrainingsdm.com “Revolusi 4.0 memicu adanya Internet of Things”.

Berbicara mengenai efek, Internet of Things sebetulnya lebih memberikan “akibat” dari percepatan teknologi ini. Efek bisa disebut adalah bagian dari akibat yang mencakup setiap kegiatan manusia saat ini, akan mengakibatkan internet bekerja. Hal itu terjadi dengan disadari ataupun tanpa sadar. Sebagai contoh, perangkat awal yang bisa disebut sebagai Internet of Things terjadi pada 1989. Pada saat itu, John Romkey dan Simon Hackett mengkoneksikan toaster ke internet. Toaster tersebut bisa dikendalikan dari internet, seperti dinyalakan dan dimatikan. Dasar utama dari kemunculan toaster tersebut adalah konektivitas. Konektivitas adalah komponen penting dalam Internet of Things (IoT) yang mengatur bekerja atau tidaknya internet tersebut.

internet
nist.gov “Konsep Internet of Things dengan menggambarkan konektivitas yang bahkan terjadi dalam ruang dapur, seperti toaster”.

Selain konektivitas, komponen yang juga mendukung IoT adalah Artificial Intelligence (AI). AI telah sering menjadi topik pembicaraan di era teknologi seperti ini, hal itu tidak terlepas dari fungsinya yang memberikan kecerdasan dalam perangkat yang tersambung dengan internet. Dari AI tersebut, akan terbentuk komponen lebih spesifik seperti chip, basis data, unit antarmuka, dan lain-lain. Komponen lainnya yang menjadi andalan dalam Internet of Things adalah penggunaan perangkat kecil yang canggih. Perangkat yang dimaksud adalah smartphone. Gadget yang dipegang sehari-hari oleh manusia adalah hasil pembaharuan dari komponen Internet of Things. Selain gadget, IoT bahkan bisa merambah ke perangkat jam tangan digital seperti smartwatch. Rangkuman komponen inilah yang membawa Internet of Things (IoT) sebagai salah satu patokan dalam beraktivitas sehari-hari, ditambah lagi IoT juga membantu dalam aspek ekonomi, seperti berjualan secara online.

ai internet
labmanager.com “AI dan Internet of Things membentuk kombinasi kecerdasan yang baru”.

Tidak terbantahkan, aspek ekonomi menjadi salah satu yang terkena “akibat” dari Internet of Things. Akibat tersebut lebih cenderung berkonotasi positif. Salah satunya adalah para pelaku UMKM, pelaku yang mempunyai UMKM menjadi salah satu yang terkena akibat dari IoT ini. Sebagai salah satu roda penggerak perekonomian, para pelaku UMKM harus melek teknologi untuk mengikuti arus IoT ini sehingga mereka dapat membawa UMKM ke level-level yang lebih tinggi. Dalam artian, Internet of Things telah mentransformasikan UMKM ke dalam bentuk digital yang biasa disebut toko online. Aplikasi yang juga lahir dari IoT, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain mengemas susunan yang membantu pelaku UMKM untuk berjualan dari aplikasi tersebut. IoT yang berlaku kepada UMKM itu adalah bagaimana konektivitas antara penjual dan pembeli berjalan dengan bantuan internet dan aplikasi.

growth IOT
centricdigital.com “Internet of Things telah membawa dampak positif dari sisi pertumbuhan ekonomi”.

Konektivitas tersebutlah yang membuktikan bahwa Internet of Things telah masuk dalam aspek ekonomi. Oleh karena itu, setiap konsep dari IoT ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini, termasuk dalam berjualan. Selain berjualan, aktivitas juga masuk ke dalam aspek yang esensial, seperti promosi pariwisata menggunakan internet, pembelajaran secara daring melalui internet, konsultasi kesehatan lewat seperti aplikasi HaloDoc yang juga menggunakan internet, dan masih banyak aspek-aspek lain yang ikut mendapatkan akibat. Dengan hal ini, Internet of Things telah berperan dengan sangat vital dalam urusan percepatan teknologi di revolusi keempat ini. Terlebih lagi, revolusi dalam internet akan terus berkembang dalam bentuk-bentuk IoT yang lebih canggih.

Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a comment