Home » Technology » Panggilan Di Wilayah Minim Sinyal? Bisa Gak Ya?

Technology

Panggilan Di Wilayah Minim Sinyal? Bisa Gak Ya?

Susah sinyal merupakan mimpi buruk bagi semua pengguna smartphone. Dalam situasi seperti ini, sering kita dapati layar ponsel menunjukkan tulisan ‘Emergency Calls Only’ atau ‘Panggilan Darurat Saja’. Hal ini menandakan bahwa kita masih bisa melakukan panggilan, loh. Kok bisa? Nah, begini penjelasannya.

Sinyal
source : Vecteezy

Apa yang membuat hal tersebut memungkinkan?

Dilansir dari Science ABC, melakukan panggilan darurat adalah hal yang memungkinkan karena SIM card jaman sekarang sudah didesain dengan teknologi GSM (Global System for Mobile Communication) yang dapat melakukan Roaming Network atau Pencarian Jaringan. Teknologi ini bekerja dengan cara menghubungkan ponsel kamu dengan provider jaringan terdekat lainnya. Namun panggilan ini bersifat terbatas karena memang dikhususkan untuk panggilan emergency saja, ya Sobat Techie.

Pastinya, Sobat Techie sering melihat adegan di film-film dimana seseorang menggunakan layanan panggilan darurat saat dalam keadaan terdesak. Misalnya sedang berada di lokasi yang terisolir. Saat mereka melakukan panggilan darurat ke nomor-nomor tertentu, akan ada petugas operator yang melayani panggilan tersebut. Biasanya saat pemanggil membutuhkan bantuan, petugas operator lah yang akan melakukan koordinasi dengan departemen lain untuk segera mengirim pertolongan sesuai dengan kebutuhan, seperti kepolisian, mobil ambulance, dan layanan lainnya.

911 Nomer
Nomor Panggilan Darurat 911 (detikNews)

Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Inggris, orang dapat terhubung ke nomor darurat seperti 911 atau 999. Hal ini memungkinkan meskipun kartu SIM mereka tidak berfungsi dengan benar. Perhatikan bahwa bukan kartu SIM, tetapi antena telepon yang menghubungkan pengguna ke menara jaringan. Kartu SIM biasanya hanya memuat nomor telepon dan info operator saja.

Jadi, sebenarnya antena ponsel lah yang berperan dalam melakukan panggilan darurat. Dalam kasus tersebut, jika  SIM tidak berfungsi, pusat layanan darurat tidak bisa mendapatkan ID penelepon atau lokasi penelepon. Tetapi panggilan masih bisa dihubungkan.

Kalau di Indonesia apa saja nomor layanan darurat yang dapat dihubungi?

Nah, kamu tentunya penasaran bukan, layanan darurat apa yang ada di Indonesia. Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) sudah menerapkan layanan darurat 112 yang bisa kamu hubungi lewat telepon rumah maupun ponsel ketika dalam kondisi darurat dan mengancam nyawa,  saat terjadi tindakan kriminal dan adanya kebakaran.

Nomor 112 ini bisa dihubungi meskipun dalam kondisi ponsel tanpa kartu SIM. Selama ponsel tersebut masih dalam jangkauan sinyal layanan operator. Selain itu, panggilan ini juga bebas biaya pulsa.

112 Emergency
layanan emergency call Indonesia 112 (Portal Informasi Indonesia0

Selain 112, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) juga telah meluncurkan Layanan Call Center Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 yang bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (PT Telkom Indonesia). Layanan ini merupakan wujud nyata untuk mengaktualisasikan peranan negara dalam melindungi perempuan dan anak. Kehadiran Call Center SAPA 129 bertujuan untuk mempermudah akses bagi korban atau pelapor dalam melakukan pengaduan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta pendataan kasusnya, loh.

Lantas bagaimana kalau pengguna berada di daerah yang sama sekali nihil sinyal ?

Jika kamu kebetulan berada di tempat yang sama sekali tidak ada jangkauan jaringan oleh penyedia layanan, ini adalah berita buruk. Karena tidak ada menara jaringan terdekat yang dapat menerima dan mengirim sinyal ponsel, maka ponsel kamu menjadi sama sekali tidak efektif. Kamu perlu melakukan antisipasi dengan mempersiapkan alternatif komunikasi lain seperti telepon satelit atau radio saat bepergian ke tempat-tempat terpencil, menjelajahi pedalaman,  dan tempat-tempat yang tidak dikenal untuk memiliki keamanan komunikasi jika dalam keadaan darurat yang membutuhkan bantuan cepat.

Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a comment